Peluang Bisnis Laundry


Usaha laundry ini, dari awal keberadaannya dengan sebutan binatu, telah memperlihatkan prospek yang bagus. Dalam bahasa modern saat ini, usaha pencucian baju lebih dikenal dengan istilah laundry & dry clean, pakaian dibersihkan menggunakan cairan kimia khusus yang bisa membersihkan dan merontokan kotoran di pakaian tanpa dicuci seperti biasa. Usaha jenis ini, yang dulu hanya dilakukan secara rumahan atau terdapat di hotel – hotel mewah untuk fasilitas tamu, mulai menjamur di tahun 1900-an, sejak dimulainya sistem franchise dari luar negeri.
Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir juga menjamur bisnis sejenis yang menggunakan waralaba lokal dan sistem agency yang bisa memberikan layanan dengan harga lebih terjangkau. Layanan ini, tadinya hanya diperuntukan bagi masyarakat kelas atas, tapi kini bisa dinikmati masyarakat kelas menengah ke bawah. Justru masuknya sebagian besar elemen masyarakat akan semakin mempermudah usaha ini dalam mendapatkan pelanggan. Namun, ada hal yang perlu diingat bahwa usaha ini hanya masih berlaku di area perkotaan dan yang terutama di kota pelajar. Sedangkan di area pedesaan, usaha ini rasanya akan kesulitan mendapatkan konsumen.
Di kota – kota besar, dapat kita prediksikan dengan menghitung populasi penduduk dengan latar belakang profesi dan kegiatan yang memungkinkan mereka tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci pakaian. Sejenak, kita dapat mengkalkulasi dengan menyimak angka – angka semisal di kota Jakarta yang berpenduduk sekitar 8 juta atau kurang lebih 2 juta kepala keluarga, diprediksi hanya kurang daro 0,5 % yang terjamah jasa laundry kiloan. Pada 2007, ditengarai angkanya baru sedikit meningkat dibandingkan angka tahun sebelumnya yang diperkirakan sekitar 5.000 kepala keluarga.
Padahal, pergeseran gaya hidup serta tuntutan kebutuhan ekonomi meyebabkan sebagian besar penghuni Jakarta menjadi keluarga supersibuk. Hampir semua anggota keluarga, baik suami maupun istri dituntut memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan sebaian besar waktunya pada aktivitas di luar rumah. Hal itu tidak ayal menyebabkan beberapa urusan di dalam rumah kurang menjadi perhatian. Karena lelah selama seharian bekerja. Sesampai di rumah, yang terpikir adalah istirahat, bukan menyelesaikan pekerjaan rumah, apalagi mencuci pakaian. Sebab mencuci bukanlah termasuk pekerjaan yang ringan, terlebih bagi orang yang suka menumpuk dan menunggu pakaian hingga banyak, baru dicuci tentu membutuhkan banyak tenaga dan waktu.
Pekerjaan mencuci dan menyetrika baju, misalnya, kerap kali menjadi urusan yang merepotkan sehingga butuh bantuan orang lain. Apalagi, penampilan yang bersih dan trendy diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan. Maka, tidak salah apabila laundry kiloan merupakan salah satu bisnis jasa yang pasti akan terus berkembang. Tidak hanya di Jakarta, di kota – kota besar lainnya pun, pasarnya cukup menggiurkan. Di Yogyakarta yang tercatat memiliki 300.000 Mahasiswa dan pelajar, konon bisa menghasilkan perputaran omzet tidak kurang dari 1,5 miliar rupiah per bulan. Dan, ini hanya dinikmati sekitar 300 usaha laundry.
Secara garis besar, saat ini berkembang dua jenis laundry berdasarkan jumlah pakaian per potong dan berdasarkan berat cucian atau laundry kiloan yang belakangan mulai marak. Sebelumnya, jenis laundry yang telah ada adalah laundry yang melayani paket besar dari instansi – instansi tertentu, seperti rumah sakit dan hotel. Akan tetapi, dengan metode laundry kiloan, maka para pelanggan tidak akan merasa enggan ke laundry hanya karena membawa pakaian dalam jumlah sedikit.
Bisnis laundry memang menggiurkan, akan tetapi memerlukan modal usaha dan tempat yang lumayan strategis. Usaha ini sangat cocok bila dijalankan di lingkungan kampus atau perkantoran, dimana para pelanggannya adalah orang – orang sibuk yang malas mencuci, apalagi menyetrika. Dari beberapa kriteria pelanggan yang ada di sekitar lokasi usaha bisnis tentu akan lebih baik jika harga juga disesuaikan dalam arti tidak menyamaratakan antara pekerja dan pelajar / mahasiswa. Dengan penetapan harga yang relatif lebih murah untuk mahasiswa, maka laundry kiloan jelas akan menjadi tujuan mahasiswa yang tidak ingin direpotkan dengan pekerjaan mencuci pakaian.
Selain mahasiswa, di kota juga terdapat banyak para wanita karier sehingga urusan dan pekerjaan rumah tidak termasuk agenda kerja rumah harian mereka. Laundry pun akhirnya menjadi pilihan untuk membersihkan pakaian kotor mereka.
Momen – momen dan realitas seperti itulah yang harus anda manfaatkan dengan sebaik – baiknya untuk memulai usaha bisnis. Adapun persoalan modal janganlah membuat nyali anda ciut untuk membuka usaha. Menurut pengalaman para pengusaha laundry yang sudah sukses, tidak jarang dari mereka yang pada awalnya hanya bermodalkan dana sebesar 2 hingga 3 juta, dari total dana seharusnya sebesar 10 hingga 15 juta. Ini menandakan bahwa berapa pun dana  yang anda miliki, anda bisa memulai usaha laundry, asalkan peralatan pokok pertama harus disediakan, seperti mesin cuci, setrika, dan timbangan. Ingat prinsip usaha anda adalah,”mulailah dengan apa yang anda miliki sekarang.” Jadi, apa adanya saja, tetapi tetap bergengsi, itu saja.
Dalam pelaksanaan usaha ini, ada satu langkah yang tidak boleh anda lewatkan sebagai syarat berhasilnya kelak usaha laundry, yaitu analisis. Analisis mencakup analisis lokasi, persediaan modal, dan manajemen keuangan. Selanjutnya ialah mengaplikasikan semua pemahaman dengan berpedoman pada prinsip – prinsip berikut :
1.     Mulailah dengan apa yang anda punya saat ini dan jangan berkecil hati. Yakinlah bahwa Tuhan pasti akan mengubah nasib orang yang gigih berusaha.
2.     Bangunlah jiwa sosial yang tinggi dengan mencari teman sebanyak – banyaknya, terutama teman yang memiliki kemampuan baik materi maupun ilmu dalam bidang usaha ini supaya dapat membantu anda.
3.     Mulailah dari yang kecil, baru yang besar. Raihlah yang mudah dan ada di sekitar anda, baru yang lain.

2 komentar:

rizky sonni mengatakan...

untuk mengetahui tentang bisnis laundry, mesin-mesin laundry dan chemical laundry silahkan klik www.laundryplasa.com dapatkan promo-promo terpanas bulan ini

Qbenk Blogger mengatakan...

peluang usaha bisnis laundry Peluang Usaha Franchise / Waralaba Laundry Kiloan Profesional Terbesar Di Indonesia dari simply fresh laundry

Posting Komentar