Pendahuluan (1)


Usaha yang sudah tidak baru lagi ini sekarang telah menemukan pasarnya. Usaha yang dijalankan baik di rumah sendiri ataupun di ruang usaha ini mampu membuat sebagian masyarakat sekitarnya tergantung padanya. Hal ini terbukti dengan makin maraknya para pengusaha – pengusaha baru laundry, baik dengan sistem franchise maupun usaha sendiri. Dengan keadaan seperti ini maka tidak bisa dipungkiri bahwa kompetisi bisnis laundry ini sungguh ketat, sehingga pengusaha memerlukan berbagai upaya untuk tetap eksis dan maju serta tampil beda dibanding pengusaha lainnya.
Sebuah usaha tidak dapat berjalan baik sebelum sang pengusaha benar – benar memahami karakter usaha yang sedang dikelolanya. Karakteristik usaha laundry yang paling menonjol ialah bergantung pada fasilitas air, listrik, dan kualitas mesin cuci. Selain itu, jiwa kewirausahaan sang pengusaha juga perlu dibangun agar dapat membangun bisnis ini.
Sebuah usaha tidak harus diawali dengan investasi besar, baik berupa uang ataupun barang. Begitu dengan usaha laundry yang dapat anda jalankan dengan cara bekerja sama dengan waralaba laundry, atau yang sering disebut franchisor. Dengan franchisor, anda bisa menjalankan bisnis dengan manajemen yang sudah ditentukan oleh franchisor. Dengan demikian, anda tinggal menjalankan bisnis laundry.
Usaha ini tidak akan kehabisan konsumen karena kian hari, pengguna jasa laundry semakin bertambah banyak. Hal ini dibuktikan lagi bahwa semakin banyak berdirinya outlet – outlet laundry yang juga dijalankan oleh pengusaha – pengusaha pemula yang siap berkompetisi untuk mendapatkan banyak pelanggan dan menjadi penjual jasa laundry yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar